Berkendara Pakai Pelat Nomor Kotor Bisa Didenda

Inggris – Negara-negara di Eropa biasanya sangat peduli dengan keselamatan berkendara. Maka itu aturan ketat pun dilakukan untuk membuat pengguna jalan tertib. Seperti di Inggris misalnya, berkendara motor atau mobil dengan kondisi pelat nomor yang kotor ternyata bisa terkena denda.

Seperti dilansir dari motoringresearch.com, pengendara mobil dan motor yang membiarkan pelat nomor kendaraan miliknya kotor bisa kena sanksi uang hingga ribuan pounds.

“Meskipun tidak ada hukum yang melarang mobil kotor, hukumnya sangat jelas dalam hal menjaga pelat nomor (mobil) Anda tetap bersih. Anda berisiko didenda ¬£ 1.000 (Rp 17,9 juta) jika membiarkan hal itu,” kata Neil Worth, dari organisasi keselamatan GEM Motoring Assist.

Menurut GEM Motoring Assist, pelat nomor kendaraan di Inggris harus bisa dibaca dan tidak tertutup oleh kotoran. “Tujuannya untuk memastikan kendaraan dapat diidentifikasi  ketika diperlukan,” terang Neil.

Di Inggris sendiri, para pengguna mobil dan motor kerap dihadapkan pada kondisi cuaca ekstrem yang berpotensi membuat bagian luar mobil tertutup kotoran debu atau salju. 

“Maka itu  biasakan untuk mengelap pelat nomor mobil atau motor Anda secara teratur – setiap hari saat kondisi mengharuskan. Lakukan hal yang sama untuk lampu depan dan belakang untuk mengurangi risiko kecelakaan,” terang Worth.

Selain menjaga pelat nomor tetap bersih, penting juga memastikan lampu mobil menyala seperti seharusnya. “Jalanan di Inggris yang basah dan lembab butuh pencahayaan yang cukup, dan dengan hari-hari yang pendek dan malam yang panjang, lampu menjadi yang paling penting pada saat ini,” pungkas Worth. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*